Selasa, 14 Desember 2010

Menjadi Ortu Berjiwa Guru

Judul Buku Parenting with Love, Panduan Islami Mendidik Anak Penuh Cinta dan Kasih Sayang
Penulis Maria Ulfah dan Abdullah Ghalib
Penerbit Mizania
Tebal 268 Halaman
Kategori Buku Panduan untuk Orangtua
Harga Rp45.000

Anak tidak saja perhiasan di dunia, tapi juga amanah Allah Swt. Karena amanah, apalagi yang memberikan amanah itu adalah Allah Swt., tentu merawat amanah itu sesuai dengan yang dikehendaki Allah Swt., menjadi kewajiban tiap orangtua. Bagaimana caranya agar kita, sebagai orangtua dapat menjalankan amanah tersebut dengan sabaik-baiknya?

Tidak ada cara lain adalah dengan mengikuti aturan yang telah ditentukan Allah Swt. Baik melalui ayat-ayat yang tersurat di kitab suci al-Qur’an maupun hadits. Buku ini, seluruhnya mengambil, dan mengikat ketentuan dan aturan Allah Swt., tersebut. Salah satunya adalah tiap orangtua harus memiliki jiwa pendidik. Jiwa sebagai guru. Guru kehidupan buat putra-putrinya. Meliputi apa saja sifat-sifat pendidik itu?

Beberapa diantaranya adalah harus penyabar, tidak gampang marah. Mudah memaklumi segala tindakan dan perilaku anak yang kurang sesuai dengan keinginan orangtua. Harus berlaku lemah lembut, tidak ringan tangan. Kekerasan/hukuman  fisik selalu dihindari. Lainnya? Tegas namun tidak kaku, bijaksana, moderat, dan jangan bosan-bosan memberikan nasihat kebaikan.

Bagaimana penjelasan dari semua sifat-sifat itu? Tentu akan lebih lengkap jika bapak-ibu langsung membaca buku ini.♥

Tidak ada komentar: